Gedung Pencakar Langit Ini Bisa Dilipat Dan Dipindahkan,Cocok untuk Zona Bencana

skyshelter_zip_2.jpg

Susahnya mendirikan gedung di daerah rawan resiko bencana seperti di jepang, membuat seorang arsitek memutar otak agar bisa mendirikan gedung yang kokoh dan aman. Meskipun sebelumnya gedung gedung di jepang sudah menimbang betul goncangan gempa bumi, namun tetap saja gedung di Negeri Matahari tak sekokoh menhadapi gempa.

Dari keprihatinan tersebut, perancang gedung membuat desain gedung pencakar langit bergaya origami atau seni melipat kertas dari Jepang. Perancang gedung yang dinamakan Skyshelter.zip ini adalah Damian Granosik, Jakub Kulisa, dan Piotr Panczynk dari Polandia.

Konsep gedung ini akan bisa memasukkan gedung ke dalam kotak dan membawanya menggunakan helikopter ke mana pun, skema ini dipandang sangat berguna saat terjadinya krisis bencana. Gedung pencakar tinggi ini bisa berdiri berkat balon helium yang ditempatkan di dalamnya. Balon itu melindungi masalah yang ada di luar gedung.

“Terus terjadi bencana alam di seluruh dunia. Saat terjadi kekuatan yang sangat besar, manajemen krisis terkadang terbukti kurang efisien,” ujar tim perancang, dilansir Daily Mail, Selasa 24 April 2018.

Pada gedung ini jumlah lantai bisa disesuaikan, tergantung pada gas yang ada pada balon. Ini berarti modul tunggal dapat menyesuaikan sesuatu kejadian yang tidak terduga dan masih bisa mendukung dengan tingkatan yang sesuai.

Skyshelter.zip juga bisa menjadi alternatif penampungan sementara bagi korban untuk tinggal di dekat rumah mereka. Dalam rancangannya, tim desainer mengatakan gedung menampung air hujan untuk diolah menjadi air yang bersih siap konsumsi, Kemudian perisai gedung dilapisi dengan sel surya sehingga bisa menghasilkan energi yang ramah lingkungan.

“Skyshelter.zip mencoba untuk menjawab isu itu dengan membuat struktur dengan lantai yang lebih besar, mudah dibawa mana saja dan dapat digunakan dengan jumlah minimum pekerja. Dimaksudkan untuk berfungsi sebagai pusat multi tujuan untuk setiap operasi bantuan,” jelas tim desainer.

Skyshelter.zip memenangkan kompetisi Evolo dan mengalahkan 525 konsep pesaing arsitektur lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s