Deretan Pegunungan Di Indonesia Yang Bakal Bikin Kamu Terpana

Saat musim liburan, salah satu kegiatan yang paling banyak dilakukan adalah mendaki gunung. Tak heran di indonesia kamu bisa banyak menemukan gunung gunung yang mempesona. Dari puncak gunung, kamu bisa menikmati matahari terbit, matahari terbenam, hingga tidur beratapkan bintang-bintang. Sederet gunung-gunung dengan pemandangan yang cantik ini akan membuatmu tidak berpikir dua kali untuk liburan ke sana.

Nah, kamu yang gemar mendaki gunung, apakah sudah tahu gunung-gunung tertinggi di Indonesia?

1. Puncak jaya

jaya wijaya.jpg

Puncak Jaya atau biasa  dikenal  Carstensz Pyramid mempunyai ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl). Puncak tertinggi di Indonesia ini masuk sebagai kawasan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Saking spesialnya Carstensz juga termasuk “Tujuh Puncak” gunung-gunung tertinggi dari tujuh benua di dunia.

2. Golden sunrise dari puncak Prau jadi spot terbaik se-Asia Tenggara. Setuju, Gengs?

prauuuuuuuu.jpg

salah satu puncak terbaik untuk mendapatkan sunrise nan menawan di Pulau Jawa adalah Gunung Prau. Bahkan, dari tahun 2014, Puncak Prau menjadi spot terbaik se-Asia Tenggara untuk mendapatkan golden sunrise menurut para pendaki. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan Telaga Warna dari puncak Prau. Di atas pun kamu bisa bermain di bukit Teletubies. Bahkan, setelah matahari merangkak naik ke kepalamu, kamu bisa melihat agungnya kebesaran Tuhan dari Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet. Kurang cantik apa, coba?

3. Dewi Anjani yang bersemayam di Gunung Rinjani bisa menjadi saksi atas keindahan alam dari puncaknya.

dewi

Primadona puncak yang tak bisa diragukan kecantikannya ini berasal dari Nusa Tenggara Barat. Ya, apalagi kalau bukan Gunung Rinjani. Bahkan, Gunung Rinjani dimahkotai sebagai wisata trekking terbaik di Asia Tenggara dan telah tersebar ke seluruh penjuru dunia! Belum lagi keberadaan Danau Segara Anak yang mengelilingi Anak Gunung Barujari pada ketinggian 2000 mdpl dalam perut Rinjani. Panorama ‘surgawi’ yang nggak bisa kamu dustakan. Ini nih yang jadi magnet bagi para pendaki untuk mengunjungi gunung dengan ketinggian 3.726 mpdl ini.

4. Puncak Trikora 

Sudahkah Kamu Taklukkan 10 Gunung Tertinggi di Indonesia Ini?panoramio.com

Puncak Trikora atau Ettiakup merupakan sebuah gunung yang terdapat di Papua Barat, Indonesia. Puncak Trikora setinggi 4.751 mdpl ini awalnya bernama Wilhelminatop pada zaman pemerintahan Belanda.

Puncak Trikora mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

5. Gunung Kerinci, Jambi

kerinci.jpg

Memiliki ketinggian 3.805 mdpl, gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di pulau Sumatera dan gunung berapi paling tinggi di Indonesia, masuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), menjadi habitat badak Sumatera dan harimau. Tentunya, menjadi tempat pelindungan atau pengembang biakan dari ke-2 hewan tersebut.

Saat menginjakan kaki di atas puncaknya, maka kamu dapat melihat pemandangan hamparan kota Jambi, Bengkulu dan kota Padang, serta birunya Samudera Hindia yang luas nan menakjubkan. Gunung Kerinci pun memiliki kawah besar yang berwarna kebiruan, mirip dengan kawah Ijen di gunung Ijen.

Nah, itulah deretan gunung terindah di Indonesia. Anugerah Tuhan yang nggak bisa kamu dustakan! Menurutmu, gunung mana lagi yang layak masuk ke dalam daftar gunung terindah di Indonesia, Gengs? Eh, sudahkah puncak-puncaknya kamu jamah, travelers? Ceritakan di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s