Mahasiswa ITS mengembangkan Mobil Berbahan Bakar Minyak Jelantah

mobil lagio.jpg

Tak ada habisnya terobosan dan inovasi dari anak ITS, kali ini mereka kembali menggembangkan mobil berbahan bakar minyak jelantah atau biasa disebut dengan minyak kelapa (minyak bekas pakai)

Kepala pengembangan kendaraan listrik ITS, Muhammad Nur Yuniarto, mengatakan ada tiga mobil yang dikembangkan. Pertama bertenaga listrik murni dan kedua kendaraan lainnya menggunakan energi alternatif.

Energi alternatif  dimaksud adalah biodiesel yang dihasilkan dari pengolahan minyak jelantah atau minyak goreng bekas pakai. Menurutnya butuh waktu lama untuk mengembangkan kendaraan tersebut.

“Ada nama Blits itu full listrik, penjelajah jenis plug in hybrid pakai mesin dengan bahan bakar minyak jelantah atau minyak goreng dan Ford Ranger yang telah diubah berbahan bakar minyak jelantah,”

Ia mengatakan ketiga mobil hasil pengembangan tim mahasiswa ITS itu akan diajak menjelajah ke berbagai pelosok daerah di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk menguji ketahanan produk yang dihasilkan.

mobil minyak

Muhammad Nur Yuniarto selaku kepala tim pengembangan kendaraan listrik ITS mengatakan, bahwasanya pihaknya ingin mengenalkan kepada masyarakat Indonesia tentang mobil listrik, Hybrid dan juga mobil Bio-fuel miliknya.

“Kita ingin mengedukasi, sekaligus promosi kendaraan listrik dan bio-fuel atau alternatif. Saat ini, banyak minyak goreng yang tidak boleh diekspor, dan tujuannya untuk suistanable transportation,” tutur Nur kepada media

Yuniarto belum bisa memastikan, apakah mobil tersebut akan dipasarkan di Indonesia. Yang pasti, ketiganya masih dalam proses riset dan pengembangan oleh timnya.

“Kami memiliki kapasitas melakukan riset, setelah kami melakukan riset dan pengembangan baru kami lempar ke industri untuk diproduksi massal dan dijual,”ucap Yuniarto

Gak kalah keren, Brand yang satu ini buatan anak bangsa juga lhoo, Cottonology yang dibuat dari material pilihan terbaik yang nyaman digunakan cek web https://www.cottonology.com/collections/shirts/products/vice-blue

VICE4

Sumber : moblimo.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s