Enggan Ditiru Kompetitor, Iphone X Rela Menghilangkan Notch/Poni

Ciri khas iphone X berupa bingkai yang menjorok ke dalam layar perangkat atas atau notch akan dihilangkan. Meski menimbulkan pro dan kontra, tren ini nyatanya menjadi acuan perangkat dari sejumlah vendor smartphone yang diperkenalkan tahun 2018 ini. Namun, nampaknya Apple enggan ditiru oleh vendor lain dan akan menghilangkan “poni” tersebut di iPhone X yang disiapkan untuk tahun 2019 mendatang. Kabar ini datang dari sumber dalam di industri smartphone yang mengetahui rencana Apple tersebut.

notch iphome
Lalu, bagaimana dengan kamera depan dan sensor Face ID yang menempati bagian “poni” di iPhone X? Alasan Apple menggunakan desain notch tak lain adalah untuk memuat komponen kamera dan proyektor yang diperlukan untuk teknologi sekuriti Face ID yang berbasis pengenalan wajah. Apple Sepertinya akan tetap mempertahankan keberadaan fitur Face ID di iPhone X tahun depan yang tidak memiliki “poni”. Namun, masih belum ada penjelasan pasti mengenai di mana Apple akan meletakkan komponen-komponen Face ID kalau bukan di bagian notch. Ada dugaan bahwa modul kamera depan dan Face ID akan dibenamkan di bawah layar, layaknya in-display fingerprint scanner yang baru-baru ini diperkenalkan Vivo melalui konsep smartphone bernama Apex. Resmi Berlayar “Bersih” dan Kamera Depan Tersembunyi Apapun solusinya nanti, iPhone tanpa “poni” kemungkinan baru akan meluncur tahun depan. Untuk tahun 2018 ini, Apple diduga menyiapkan dua iPhone baru dengan layar OLED dan satu iPhone baru dengan layar LCD. Model OLED disinyalir memiliki ukuran layar 5,85 inci dan 6,46 inci, sementara model LCD layarnya berdiagonal 6,04 inci. Ketiganya diprediksi akan memiliki Fitur face ID yang tetap termuat di bagian notch. Hanya saja, ukuran “poni” tersebut kabarnya akan diperkecil.

Diperkirakan mulai tahun 2019 apple akan membuang notch dimulai dan sedang berdiskusi dengan perusahaan-perusahaan rekanan yang terkait,” ungkap sumber yang enggan disebut namanya itu. Dengan kata lain, tahun depan, iPhone X agaknya bakal mengusung layar full-screen yang benar-benar tanpa bingkai, tidak direcoki oleh bagian poni yang mengganggu pandangan.

Sumber : kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s